Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Housekeeping II


 housekeeping
Aktivitas 3
1.      Kamar occupeid tetapi tamunya sedang tidak ada didalam kamar :
-          Mempersiapkan peralatan yang akan dipakai
-          Ketuk pintu secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-          Tunggu beberapa saat untuk respon
-          Jika tidak ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
-          Jika kamar kosong buka drapreyes dan matikan lampu
-          Jika diwaktu memeriksa kamar ditemukan kerusakan segera sampaikan hal tersebut ke enginering
2.      Kamar occupeid dan tamunya sedang tidur :
-          Mempersiapkan peralatan yang akan dipakai
-          Ketuk pintu secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-          Tunggu beberapa saat untuk respon
-          Jika tidak ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
-          Jika tamu terbangun ucapkan permintaan maaf dan tanyakan jika ada cucian yang akan dikirim ke laundry
3.      Kamar occupeid dan tamunya membukakan pintu :
-          Mempersiapkan peralatan yang akan dipakai
-          Ketuk pintu secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-          Tunggu beberapa saat untuk respon
-          Jika tidak ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
-          Mintalah maaf karena mengganggu ketenangan tamu dan mengucap “Sorry to distrub you”

4.      Kamar yang berstatus check out :
-          Mempersiapkan peralatan yang akan dipakai
-          Ketuk pintu secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-          Tunggu beberapa saat untuk respon
-          Jika tidak ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
-          Periksalah jika ada barang tamu yang tertinggal dan laporkan ke bagian lost and found disamping itu juga periksa jika ada kerusakan atau fasilitas yang belum komplit dan dilengkapi
5.      Kamar yang berstatus out of order:
-          Mempersiapkan peralatan yang akan dipakai
-          Ketuk pintu secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-          Tunggu beberapa saat untuk respon
-          Jika tidak ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
Aktivitas 4

Sama dengan aktivitas 3

Aktivitas 5
Standart room facilities :
  • bed
  • bathroom (standing shower,toilet bowl,washbasin table &mirror)
  • telephone
  • refrigerator
  • kettle jug
  • guest supplies and amenities
  • luggage rack
  • wardrop
Aktivitas 6
Priorotas pembersihan kamar berdasarkam status kamar
Kamar yang EA VIP
Kamar yang “Please make up room”
Kamar yang OC
Kamar yang check out

Aktivitas 7
Karena kamar yang EA VIP merupakan kamar yang dipesan oleh tamu-tamu penting sehingga perlu mendapatkan pelayanan yang lebih. Kamar yang “Please make up room” berarti tamu meminta agar kamarnya segera dibersihkan, lalu kamar yang OC biasanya tamu tersebut bermalam lebih dari 1 malam dan yang terakhir kamar check out karena kamar tersebut masih belum tentu terjual/dipesan oleh tamu.


Aktivitas 13
Lay out kamar standart :



Aktivitas 14
Persyaratan yang dimiliki oleh kamar tamu adalah
-          kamar dalam keadaan bersih
-          rapi
-          aman
-           nyaman
-          Fiew indah
-          tenang
-          serta memiliki fasilitas sesuai dengan standart hotel
Aktivitas 15
Kriteria seorang Room Attendant :
-          Cepat dan akurat
-          Teliti dan cermat
-          Efisiensi waktu dan tenaga
-          Ramah dan sopan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar