housekeeping
Aktivitas 3
1. Kamar occupeid tetapi tamunya sedang
tidak ada didalam kamar :
-
Mempersiapkan
peralatan yang akan dipakai
-
Ketuk pintu
secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-
Tunggu
beberapa saat untuk respon
-
Jika tidak
ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
-
Jika kamar
kosong buka drapreyes dan matikan lampu
-
Jika diwaktu
memeriksa kamar ditemukan kerusakan segera sampaikan hal tersebut ke enginering
2. Kamar occupeid dan tamunya sedang
tidur :
-
Mempersiapkan
peralatan yang akan dipakai
-
Ketuk pintu
secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-
Tunggu
beberapa saat untuk respon
-
Jika tidak
ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
-
Jika tamu
terbangun ucapkan permintaan maaf dan tanyakan jika ada cucian yang akan
dikirim ke laundry
3. Kamar occupeid dan tamunya
membukakan pintu :
-
Mempersiapkan
peralatan yang akan dipakai
-
Ketuk pintu
secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-
Tunggu
beberapa saat untuk respon
-
Jika tidak
ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
-
Mintalah
maaf karena mengganggu ketenangan tamu dan mengucap “Sorry to distrub you”
4. Kamar yang berstatus check out :
-
Mempersiapkan
peralatan yang akan dipakai
-
Ketuk pintu
secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-
Tunggu
beberapa saat untuk respon
-
Jika tidak
ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
-
Periksalah
jika ada barang tamu yang tertinggal dan laporkan ke bagian lost and found
disamping itu juga periksa jika ada kerusakan atau fasilitas yang belum komplit
dan dilengkapi
5. Kamar yang berstatus out of order:
-
Mempersiapkan
peralatan yang akan dipakai
-
Ketuk pintu
secara sopan dengan teratur sambil menyebutkan jati diri “HOUSEKEEPING”
-
Tunggu
beberapa saat untuk respon
-
Jika tidak
ada jawaban buka pintu perlahan dan ucapkan “Excusme Housekeeping”
Aktivitas 4
Sama dengan aktivitas 3
Aktivitas 5
Standart room facilities :
- bed
- bathroom (standing shower,toilet bowl,washbasin table &mirror)
- telephone
- refrigerator
- kettle jug
- guest supplies and amenities
- luggage rack
- wardrop
Aktivitas 6
Priorotas
pembersihan kamar berdasarkam status kamar
Kamar yang
EA VIP
Kamar yang
“Please make up room”
Kamar yang
OC
Kamar yang
check out
Aktivitas 7
Karena kamar
yang EA VIP merupakan kamar yang dipesan oleh tamu-tamu penting sehingga perlu
mendapatkan pelayanan yang lebih. Kamar yang “Please make up room” berarti tamu
meminta agar kamarnya segera dibersihkan, lalu kamar yang OC biasanya tamu
tersebut bermalam lebih dari 1 malam dan yang terakhir kamar check out karena
kamar tersebut masih belum tentu terjual/dipesan oleh tamu.
Aktivitas 13
Lay out kamar standart :
Aktivitas 14
Persyaratan
yang dimiliki oleh kamar tamu adalah
-
kamar dalam
keadaan bersih
-
rapi
-
aman
-
nyaman
-
Fiew indah
-
tenang
-
serta
memiliki fasilitas sesuai dengan standart hotel
Aktivitas 15
Kriteria seorang Room Attendant :
Kriteria seorang Room Attendant :
-
Cepat dan
akurat
-
Teliti dan
cermat
-
Efisiensi
waktu dan tenaga
-
Ramah dan
sopan
0 komentar:
Posting Komentar