Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

NERACA PEMBAYARAN

TUGAS MATEMATIKA 1

1.Apa saja komponen- komponen neraca pembayaran ?
komponen -komponen neraca pembayaran terdiri dari 2 macam yaitu neraca perdagangan dan neraca wisatawan .ada juga kompen yang lain yaitu komponen yang terdiri dari kegiatan import,export,pengeluaran wisatawan luar dan dalam negeri ,investasi dan perdagangan emas.

2.Sebutkan akibat -akibat yang ditimbulkan oleh kegiatan pariwisata terhadap neraca pembayaran suatu negara?
a.pariwisata menurunkan defisit yang dialami suat negara
b.pariwisata menurunkan surplus pembayaran  negara
c. pariwisata menambah jumlah surplus neraca pembayaran negara
d.pariwisata menambah defisit yang dialami negara


3.Apa saran anda untuk mengenai tindakan yang harus diambil untuk mengurangi defisit neraca wisatawan ?
 seharusnya pemerintah lebih memperhatikan pariwisata yang ada ditanah air agar para penduduknya tidak berpaling muka kepariwisata negara lain .serta lebih memajukan dan sering mempromosikan  tempat- tempat pariwisata  yang ada di indonesia ke negara-negara lain agar negara lain juga tahu bahwa pariwisata indonesia itu berbeda dan unik serta patut untuk dikunjungi oleh wisatawan asing .dan kita sebagai warga indonesia yang ,harus ikut serta untuk memajukan segala jenis pariwisata yang ada dinegara kita sendiri .

4.carilah sebuah contoh neraca pembayaran atau neraca wisatawan lalu berikan pendapat ?

Kuatnya permintaan domestik di tengah menurunnya perekonomian global telah berdampak pada kinerja sisi eksternal perekonomian Indonesia. Transaksi berjalan triwulan II-2012 mengalami defisit sebesar USD6,9 miliar (3,1% dari PDB), naik dibandingkan triwulan sebelumnya yang mencatat defisit USD3,2 miliar (1,5% dari PDB). Penyebab utamanya adalah surplus neraca perdagangan yang menyusut sehingga tidak dapat mengimbangi defisit neraca jasa dan neraca pendapatan yang melebar. Di sisi neraca perdagangan nonmigas, lebih rendahnya surplus dikarenakan oleh penurunan ekspor akibat pelemahan permintaan dan penurunan harga komoditas global yang berlangsung di saat impor khususnya bahan baku dan barang modal tumbuh tinggi sejalan dengan permintaan domestik yang tetap kuat. Sektor migas juga memberikan kontribusi negatif karena defisit neraca perdagangan minyak masih lebih besar daripada surplus neraca perdagangan gas. Di sisi neraca jasa, kenaikan defisit disebabkan oleh meningkatnya pembayaran jasa transportasi barang impor dan jumlah warganegara Indonesia yang bepergian ke luar negeri. Sementara itu, kenaikan defisit neraca pendapatan terjadi karena laba dan bunga yang diperoleh investor asing atas investasi mereka di dalam negeri meningkat seiring dengan nilai investasi mereka yang terus bertambah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar